Ketahui! Contoh Surat Resign dan Tips Agar Lebih Meyakinkan

Mengapa harus resign dari tempat kerja ? Mungkin bagi sebagian orang, sangat menyayangkan tindakan yang kamu ambil. Tidak selamanya mengundurkan diri atau resign menjadi hal yang buruk. Ada begitu banyak alasan baik yang menyebabkan seseorang untuk memutuskan resign. 

Jika kamu salah satu diantaranya, menyampaikan alasan resign dengan baik akan mempermudah proses resign. Berikut, contoh surat resign resmi yang bisa jadi panduan kamu. 

Surat Resign Berdasarkan Formalitas

Berikut beberapa contoh surat resign atau surat pengunduran diri yang ditinjau dari segi formalitasnya.

  1. Contoh Surat Resign Resmi

Surabaya, 21 Agustus 2020

Kepada Yth,
HRD Manager PT. Makmur Jaya
Jl. Menjangan 3 No. 27-28, Surabaya

Dengan hormat

Bersama dengan surat ini, saya Mulyadi Pranoto bermaksud untuk mengajukan permohonan pengunduran dari pekerjaan dan posisi saya sebagai Sekretaris yang terhitung mulai tanggal 1 September 2020. 

Saya berterima kasih atas segala bimbingan, kesempatan dan dukungan yang diberikan selama saya bekerja di PT. Makmur Jaya. Apabila selama bekerja di PT. Makmur Jaya saya banyak melakukan kesalahan dan kekeliruan, secara pribadi saya menghaturkan maaf yang sebesar-besarnya kepada pimpinan dan rekan-rekan kerja.

Semoga PT. Makmur Jaya selalu mampu menghadapi tantangan hingga bisa berkembang pesat kedepannya. 

Mohon kiranya bagian manajemen PT. Makmur Jaya mengabulkan permohonan resmi pengunduran diri saya.

Hormat saya,

(Tanda Tangan)

Mulyadi Pranoto

  1. Contoh Surat Resign Sederhana

Jakarta, 23 Agustus 2020

Kepada Yth,
Bapak Pimpinan PT. Suka Maju
Jl. Pattimura No. 90

Jakarta

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya Nindia Putri ingin menyampaikan permohonan pengunduran diri dari PT. Suka Maju sebagai staff Quality Control, terhitung mulai tanggal 1 September 2020.

Saya pribadi menghaturkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan untuk bisa bekerja di PT. Suka Maju. Tidak lupa pula saya ingin meminta maaf kepada pimpinan dan seluruh karyawan PT. Suka Maju, apabila saya telah banyak melakukan kesalahan selama bekerja di perusahaan.

Demikian permohonan pengunduran diri saya agar sekiranya bisa segera diproses. 

Terima kasih

Hormat saya,

Nindia Putri

  1. Contoh Surat Resign Profesional

Jakarta Selatan, 7 September 2020

Kepada Yth,
Manajer PT. Berkah Tambang
Jl. Ir. Soekarno No. 45-47
Jakarta Selatan

Dengan hormat, 

Melalui surat ini, saya Rusli Triantoro di bagian HRD, dengan dasar UU Ketenagakerjaan serta bukti tertulis pada kontrak kerja, saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Muh. Rizal Toni
Departemen: HRD
Jabatan: Staf
ID Karyawan: BT-0707

Bermaksud untuk mengundurkan diri dari bekerja di PT. Berkah Tambang dikarenakan faktor kesehatan yang kurang memungkinkan lagi untuk bisa bekerja secara optimal. Olehnya itu, saya memohon pengertian dari pihak perusahaan untuk bisa memahami kondisi saya dan memberikan segala hak yang belum tertunaikan sesuai kontrak kerja dan perundang-undangan ketenagakerjaan.

Demikian surat ini saya buat untuk kemudian bisa segera diproses lebih lanjut. Terima kasih atas segala kesempatan dan juga dukungan selama saya bekerja di PT. Berkah Tambang. Dan saya meminta maaf jika selama bekerja telah banyak melakukan kekeliruan. 

Hormat saya,

Muh. Rizal Toni

Surat Resign Berdasarkan Alasan

Jika ditinjau dari alasan seseorang mengundurkan diri dari pekerjaan, berikut beberapa contoh yang bisa anda ikuti.

  1. Keluarga

Makassar, 17 September 2020

Kepada Yth,
Pimpinan PT. Jaya Mandiri
Jl. Sultan Hasanuddin No.15A
Makassar, Sulawesi Selatan

Perihal: Permohonan Pengunduran Diri

Dengan hormat,

Bersama surat ini, saya sebagai karyawan di PT. Jaya Mandiri sesuai aturan Perundang-undangan Ketenagakerjaan dan Surat Kesepakatan Bersama (SKB) yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Ismail Marzuki Rahmat
Jabatan: Bendahara
ID Karyawan: JM 657

Dengan ini mengajukan permohonan pengunduran diri dari PT. Jaya Mandiri dikarenakan yang bersangkutan ingin pindah dan lebih dekat dengan keluarga di kota Jakarta. Surat permohonan ini dibuat sesuai aturan perusahaan tanpa adanya paksaan dari pihak lain. 

Demikianlah surat permohonan ini ditulis agar kiranya bisa diproses secepatnya. Terima kasih atas segala bimbingan dan kesempatan yang diberikan selama bekerja di perusahaan. 

Atas perhatian dan pengertiannya saya ucapkan banyak terima kasih.

Hormat saya

Ismail Marzuki Rahmat

  1. Kesehatan

Bandung, 18 Juni 2020

Kepada Yth,
Direktur PT. Cendrawasih Indah
Jalan Monginsidi IV No. 23
Bandung

Dengan hormat

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama: Tri Santika 
Departemen: Marketing
Jabatan: Staf
No. Karyawan: 20563477

Bertujuan untuk mengajukan permohonan pengunduran diri dari PT. Cendrawasih Indah dikarenakan alasan kehamilan. Dengan adanya tanggung jawab baru sebagai seorang ibu saya harus meninggalkan pekerjaan. Untuk itu saya memohon pemakluman dari pimpinan. Berhubung juga karena kontrak saya sudah berakhir pada tanggal 20 Juni 2020, saya akan menyelesaikan segala tugas yang belum terselesaikan agar beban kerja saya selesai sebelum meninggalkan perusahaan. 

Tidak lupa saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak di PT. Cendrawasih Indah yang telah memberikan kesempatan hingga bisa direkrut menjadi staf marketing di perusahaan. Dan saya juga memohon maaf pada pimpinan dan segenap rekan kerja atas segala kesalahan yang pernah saya perbuat selama bekerja di perusahaan.

Hormat saya

Tri Santika

  1. Perubahan Karir

Jakarta, 25 Mei 2020

Kepada Yth,
Bapak Pimpinan PT. Trimulya, Tbk
Jalan. Kemang sari No. 35
Jakarta

Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya Efendi Restu sebagai operator mesin bermaksud menyampaikan permohonan pengunduran diri dengan alasan ingin beralih profesi menjadi wirausahawan mandiri di bidang tekstil. Karena saya harus memulai membangun usaha dari awal maka saya tidak bisa lagi untuk bekerja di perusahaan PT. Trimulya, Tbk. 

Terima kasih atas kesempatan dan dukungan serta pengalaman kerja yang saya peroleh selama bekerja di perusahaan. Saya selalu berharap agar PT. Trimulya, Tbk bisa semakin maju dan berkembang kedepannya.

Demikian permohonan pengunduran diri saya yang saya harap bisa segera diproses. Atas perhatian dan pengertiannya saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya

Efendi Restu

Sedikit Tips agar Surat Resign Lebih Meyakinkan

Tips membuat surat resign, tips pertama yang penting untuk diingat yaitu jangan lupa untuk memberikan alasan yang tepat agar surat resign anda lebih meyakinkan dan cepat diproses. Selanjutnya soal timing, sebaiknya masukkan surat resign anda 2 minggu sebelum anda keluar dari kantor. 

Hal ini bertujuan agar perusahaan dapat segera bersiap untuk mencari pengganti baru yang akan mengisi posisi anda di kantor. 

Tips membuat surat pengunduran diri yang tidak kalah penting agar surat pengunduran cepat diproses, anda harus menyelesaikan semua tanggungan pekerjaan terlebih dahulu. Hal ini untuk memberikan citra baik bagi anda karena telah bekerja dan berhenti secara profesional. Meninggalkan kesan yang baik tentunya akan membuat perusahaan merasa kehilangan dengan berhentinya anda.

Baca juga: Contoh Soal Psikotes

Itulah beberapa contoh surat resign dan sedikit tips agar surat resign lebih meyakinkan dan dapat segera diproses. Memutuskan hubungan kerja secara baik-baik penting untuk anda lakukan sebagai rasa tanggung jawab dan profesionalisme kerja.