Wajib Tahu! Fungsi, Isi, dan Contoh Surat Referensi Kerja

Surat referensi kerja atau yang lebih umum dikenal sebagai surat rekomendasi kerja. Surat ini menjadi sangat penting saat anda berada di posisi sebagai pelamar yang sedang mengajukan lamaran ke suatu perusahaan/instansi. 

Mengapa? Dokumen ini menjadi salah satu bahan pertimbangan utama untuk diterima atau tidaknya anda di perusahaan. Contoh surat referensi kerja berikut bisa menjadi panduan anda.

Fungsi Surat Referensi Kerja

Sebelum membahas lebih jauh mengenai contoh surat referensi kerja, ada baiknya anda mengetahui fungsi dari surat referensi kerja terlebih dahulu, yang diantaranya:

  1. Surat referensi kerja berfungsi untuk menerangkan seberapa baik kinerja seseorang selama mengabdikan diri pada suatu perusahaan. Dan hal ini menjadi salah satu pertimbangan penting yang bersangkutan agar dapat diterima bekerja di perusahaan lain.
  2. Dengan adanya surat referensi kerja, kualitas dan kredibilitas seseorang bisa dijamin. Apalagi jika orang tersebut merupakan mantan karyawan dari perusahaan terkenal.
  3. Surat rekomendasi kerja tidak hanya berfungsi saat ingin melamar pekerjaan. Beberapa orang memanfaatkan surat ini untuk keperluan mendapatkan jaminan sosial, pinjaman bank, dan keperluan pajak.
  4. Untuk tujuan melanjutkan studi/sekolah, surat referensi kerja juga dapat bermanfaat terutama untuk melamar beasiswa. Beberapa sekolah atau kampus mensyaratkan calon penerima beasiswa untuk memiliki pengalaman kerja di lapangan sebelumnya.

Apa Isi dari Surat Referensi Kerja ?

Isi surat referensi kerja umumnya memuat beberapa hal penting, diantaranya:

  1. Kualifikasi

Kualifikasi tentunya menjadi hal yang harus disebutkan dalam surat referensi kerja. pemberi referensi akan memberikan informasi mengenai posisi yang anda pegang atau duduki selama bekerja di perusahaan sebelumnya. 

Sehingga perusahaan baru tempat anda melamar dapat mengetahui kesesuaian posisi yang dilamar. Selain itu, surat juga berisi berapa tahun anda sudah bekerja di perusahaan sebelumnya. pemberi referensi juga dapat memaparkan prestasi kerja jika ada                                    

  1. Dukungan

Dukungan yang dimaksud disini yaitu informasi yang menggambarkan hubungan anda dengan atasan serta rekan kerja di tempat kerja yang dahulu. Dari gambaran personal tersebut akan mampu meyakinkan calon atasan baru anda. 

Bahwa anda meninggalkan tempat kerja terdahulu dengan baik-baik dan anda memiliki kontribusi besar terhadap tempat kerja. Pemberi referensi juga memberi informasi terkait seberapa cocok anda dengan tempat kerja yang baru.

  1. Kualitas Pribadi

Berbeda dengan kualifikasi, surat referensi juga menjelaskan kualitas pribadi yang Anda miliki yang membuat Anda  cocok serta ideal untuk posisi baru. 

Surat rekomendasi kerja yang baik semestinya mampu menunjukkan dan mengkomunikasikan kemampuan dan keahlian anda selama bekerja di perusahaan sebelumnya. 

Disini mungkin juga bisa menyebutkan kecerdasan, fleksibilitas, kemauan untuk menerima tanggung jawab dan bagaimana Anda menunjukkan inisiatif dalam pekerjaan. Memberikan satu atau dua contoh yang membantu menjelaskan sifat-sifat ini membuat surat referensi lebih bermakna.

  1. Persepsi

Dalam surat referensi kerja juga memuat persepsi atau pandangan mantan pimpinan anda di tempat kerja sebelumnya. Jika persepsinya kurang baik, anda mungkin perlu meniadakannya dari surat referensi kerja karena dapat mengurangi peluang anda untuk mendapatkan pekerjaan baru. 

Jika surat itu menyenangkan dan bernada positif, anda bisa memutuskan untuk menggunakannya. Hal ini akan menghemat waktu karena calon pimpinan anda yang baru tidak perlu meluangkan waktu untuk menghubungi dan mewawancarai orang yang memberikan referensi tertulis.

Contoh Surat Referensi Kerja

Berikut beberapa contoh surat referensi kerja yang bergantung dari kantor atau perusahaan yang mengeluarkan surat referensi kerja. 

Contoh Surat Referensi Kerja dari Perusahaan

PT. CITRA LESTARI
Jl. Flamboyan No. 36-37
Jakarta

SURAT REFERENSI KERJA
No. 654/CL/2020

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama : Tri Mulyono
Jabatan : Pimpinan PT. Citra Lestari

Menerangkan dengan sebenar-benarnya bahwa saudara yang bersangkutan di bawah ini:

Nama : Basuki Rahmat
Tempat/Tgl lahir : Jakarta, 17 November 1985
Alamat : Jl. Kelinci 3 Gang. 4 No. 11 Jakarta

Adalah benar seorang karyawan di perusahaan kami dengan jabatan staf quality control, terhitung mulai bekerja semenjak 11 Maret 2013 sampai dengan 21 Juli 2019. 

Saudara Basuki Rahmat memiliki performa kinerja, tanggung jawab, dan loyalitas yang sangat baik selama bekerja di perusahaan kami. Hasil kerja saudara yang bersangkutan tidak pernah sekalipun mengecewakan. Semoga surat ini bisa menjadi pertimbangan dan dapat membantu yang bersangkutan.

Demikian surat ini kami buat agar dapat digunakan sebagaimana mestinya

Pimpinan PT. Citra Lestari

Tri Mulyono

Contoh Surat Referensi Kerja dari Bank

(Logo Bank)

Surat Rekomendasi Kerja
No. 365/pp1/2020

Yang bertanda tangan di bawah ini menerangkan bahwa,

Nama: Gilang Priyanto
Tempat/Tgl lahir: Jakarta, 17 Maret ,1987
Alamat: Jl. Kenanga Indah No. 25 Jakarta

Adalah benar pernah menjadi karyawan di PT. Bank Makmur yang menempati posisi front office sebagai customer service dari tanggal 21 April 2012 sampai 13 Maret 2018. 

Demikian surat keterangan ini dibuat dengan sebenarnya dan dapat digunakan sebagaimana mestinya.

PT. Bank Makmur
Kantor Cabang Utama Jakarta Selatan

Susilo Ardi

Manajemen SDM

Contoh Surat Referensi Kerja dari Dinas

(Kop Surat)

REKOMENDASI
Nomor: 892/ppt7/2020

Yang bertanda tangan di bawah ini

Nama: Muh. Dwi Jayanto
NIP: Pangkat/Golongan: Pembina Utama Madya
Jabatan: Kepala Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Kebumen
Unit kerja: Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Kebumen
Instansi: Pemerintah Daerah Kabupaten Kebumen

Dengan ini memberikan rekomendasi kepada:

Nama: Fadil Pranoto
NIP: 19840218673002
Pangkat/Golongan: Penata Tingkat I
Jabatan: Staf Bidang Administrasi
Unit kerja: Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Kebumen
Instansi: Pemerintah Daerah Kabupaten Kebumen

Untuk alih tugas dari Pemerintah Daerah Kabupaten Kebumen ke Pemerintah Daerah Kabupaten Solo.

Demikian surat rekomendasi ini dibuat untuk dapat digunakan sebaik-baiknya.

Kepala Dinas Pemerintah Kab. Kebumen

Muh. Dwi Jayanto
NIP: 196301112528001

Contoh Surat Referensi Kerja dari Sekolah

(Kop surat)

SMA CENDRAWASIH GEMILANG
Jalan Slamet Riyadi No. 28A
Makassar

Surat Referensi Kerja
No: 687/III/2020

Yang bertanda tangan di bawah ini menerangkan bahwa 

Nama: Hariyani Rahmat
Jabatan: Guru Fisika
Pangkat/golongan: Penata Muda

Adalah benar salah satu guru yang mengajar di SMA Cendrawasih Gemilang terhitung mulai tanggal 6 September 2014 hingga 15 Agustus 2018.

Saudara yang bersangkutan selama bekerja memiliki kedisiplinan, tanggung jawab, serta dedikasi yang tinggi. Selama mengajar yang bersangkutan juga tidak pernah melakukan kesalahan atau pun kekeliruan.

Melalui surat ini, kami pihak sekolah SMA Cendrawasih Gemilang mengucapkan terima kasih pada yang bersangkutan dan semoga surat rekomendasi ini bisa bermanfaat untuk digunakan sebagaimana mestinya.

Mengetahui,
Kepala Sekolah SMA Cendrawasih Gemilang

Muh. Nur Ilham Santoso, M.Pd
NIP. 196203785989001

Baca juga : Contoh Soal Psikotes

Nah, sekarang anda sudah paham mengenai fungsi, isi dan contoh surat referensi kerja. Walaupun surat referensi ini tidak dibuat oleh anda sendiri, selama anda memiliki hubungan baik dan kinerja yang bagus di tempat kerja, anda tentunya tidak perlu khawatir tempat kerja akan membeli penilaian yang buruk.