Kumpulan Contoh Soal Psikotes dan Kunci Jawabannya

Psikotes umumnya diselenggarakan oleh sebuah instansi tertentu sebagai rangkaian seleksi penerimaan, seperti pekerjaan atau jenjang pendidikan. Secara garis besar, tes ini berfungsi untuk melihat kepribadian, watak, kecerdasan, dan minat dari seseorang. Oleh karena itu, ada baiknya kamu belajar dari contoh soal psikotes untuk mendapatkan hasil test yang optimal.

Pengertian Psikotes

Psikotes adalah sekumpulan soal yang diajukan suatu instansi untuk mengetahui watak dan kepribadian seseorang. Test ini bersifat umum dan bisa dilakukan sewaktu-waktu ketika suatu instansi membuka lowongan, baik pekerjaan atau jenjang pendidikan. Namun perlu diingat, tidak semua instansi membutuhkan tes jenis ini untuk mendapatkan target.

Soal psikotes biasanya berisi pertanyaan atau studi kasus terkait bidang yang akan diseleksikan. Walaupun beberapa tipe soal psikotes tidak mempunyai jawaban mutlak ‘benar’ dan ‘salah’, tapi tes ini masih bisa dipelajari.

Psikotes yang dilakukan oleh instansi di Indonesia umumnya memiliki pola dan tipe yang serupa. Jadi, kamu bisa mencoba mempelajari contoh soal psikotes online yang terangkum di bawah ini.

Tipe Soal Psikotes

Berikut beberapa tipe soal psikotes yang umum ditemui dalam sebuah test psikotes:

Contoh Soal Psikotes Wartegg

Contoh Soal Psikotes
Gambar: jadikaryawan.com

Pada Tes Warteg biasanya kamu akan disuguhi 8 buah kotak dengan isi yang berbeda seperti pada gambar di atas. Pada tes ini kamu diminta untuk membuat bentuk dengan berpegangan pada isi dalam kotak.

Selain menggambar dengan kreativitas, kamu juga diminta untuk memberi judul gambar yang relevan. Kamu juga diminta untuk mencantumkan nomor urutan pengerjaan, gambar paling disukai, paling tidak disukai, paling gampang, dan paling sulit sesuai dengan apa yang kamu rasakan.

Tips mengerjakan Tes Warteg:

  • Jika isi kotak adalah garis lengkung, buatlah gambar berupa benda organik atau benda hidup
  • Jika isi kotak adalah garis lurus, buatlah gambar berupa benda anorganik atau benda mati
  • Usahakan kertas test tetap dalam keadaan bersih
  • Perhatikan tebal tipis garis gambar sesuai dengan kondisi aslinya
  • Menggambar objek yang jarang dipikirkan kebanyakan orang
  • Kombinasi urutan pengerjaan gambar menunjukan kepribadian, yaitu urut menunjukan orang yang kaku sedangkan acak menunjukan orang yang kreatif.

Kemampuan Verbal

Test kemampuan verbal biasanya terdiri atas beberapa bagian, seperti sinonim, antonim, dan padanan kata. Tips mengerjakan soal kemampuan verbal adalah banyak membaca untuk meningkatkan perbendaharaan kata, berikut beberapa contoh test kemampuan verbal:

Contoh soal sinonim (persamaan kata)

1. RENOVASI =

A. Pemekaran
B. Pemugaran
C. Pemagaran
D. Pembongkaran
E. Peningkatan

Jawaban: B

2.  JASA BOGA =

A.   Pakaian Adat
B.   Seni Merias
C.   Pelayanan Desain Rumah
D.   Penyewaan Pakaian Pengantin
E.   Katering

Jawaban: B

Contoh soal antonim (lawan kata)

1.   NETRAL ><

A.   Terpadu
B.   Terikat
C.   Bergabung
D.   Berpihak
E.   Bertentangan

Jawaban: D

2.   SEKULER ><

A.   Ilmiah
B.   Lemah
C.   Duniawi
D.   Tradisional
E.   Keagamaan

Jawaban: E

Contoh soal padanan kata

1.   PANCING : IKAN = BEDIL : ……

A.   Pelatuk
B.   Tembakan
C.   Umpan
D.   Peluru
E.   Buruan

Jawaban: E

2.   …… : IQ = EMOSIONAL: ……

A.   Murid : Guru
B.   Anak : Orang Dewasa
C.   Pandai : Cerdas
D.   Kecerdasan : EQ
E.   Ayah : Ibu

Jawaban: D

Kumpulan Contoh Soal Psikotes dan Kunci Jawabannya

Contoh Soal Psikotes Logika Aritmatika

Logika aritmatika adalah tipe soal psikotes yang berhubungan dengan angka yang bertujuan mengetahui pola hubungannya. Umumnya logika matematika berwujud deret angka, bisa dengan pola penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, atau kombinasi. Berikut beberapa soal psikotes deret angka yang bisa kamu pelajari:

1.  26-5-9-25-6-11-24-7-…

A.  13
B.  12
C.  11
D.  10
E.   9

Jawaban: A

2.   11-19-10-20-9-21-8-…

A.   29-26
B.   7-22
C.   7-24
D.   23-22
E.   22-7

Jawaban: E

Kumpulan Contoh Soal Psikotes dan Kunci Jawabannya

Contoh Soal Psikotes Matematika Dasar

Tipe soal matematika dasar umumnya berisi studi kasus atau soal cerita yang bisa dikerjakan dengan logika sederhana. Berikut beberapa contoh soal psikotes matematika dasar:

1. Sebuah bank konvensional memberikan bunga sebesar 15% per tahun untuk setiap nasabahnya. Rina menabung di bank tersebut dengan nominal Rp90.000,00 satu tahun lalu, berapa nilai tabungan Rina sekarang?

A.   Rp103.500,00
B.   Rp102.500,00
C.   Rp99.500,00
D.   Rp98.500,00

Jawaban: A

2. Dini mengayuh sepeda sejauh 37,5 km dengan kecepatan tetap 15 km/jam. Jika Dini mulai bersepeda pukul 7:55, pukul berapa Dini berhenti bersepeda?

A.   10:25
B.   11:20
C.   9:35
D.   9:40

Jawaban: A

Contoh Soal Psikotes EPPS (Edwards Personal Preference Schedule)

Psikotes EPPS bertujuan untuk mengungkap kepribadian kamu. Psikotes ini berisi soal pilihan ganda sebanyak 225 buah dan memiliki lebih dari satu jawaban yang benar atau semuanya benar. Apapun pilihan yang kamu ambil akan menunjukkan siapa sebenarnya kamu.

Kunci dan tips mengerjakan psikotes EPPS adalah dengan cara mengerjakannya dengan jujur. Karena dengan jujur, kamu akan menunjukkan kepada perusahaan siapa diri kamu sebenarnya, apakah cocok dengan posisi lowongan yang sedang dibutuhkan perusahaan. Ini menjadi penting karena ketidakcocokan antara pekerjaan dan mental kamu akan berujung kepada kehidupan karir yang tidak bahagia.

Kumpulan Contoh Soal Psikotes dan Kunci Jawabannya

Contoh Soal Psikotes Gambar

Baum

Tes Baum atau yang umum disebut Tree Test adalah salah satu contoh soal psikotes gambar. Pada tes ini kamu akan diminta untuk menggambar pohon berkayu yang merujuk pada jenis tumbuhan dikotil. Jadi, kamu tidak diperbolehkan menggambar semak, pohon kelapa, pohon bambu, pohon pisang, dan tanaman monokotil.

Di kesempatan ini kamu diberikan waktu menggambar selama 10 menit. Setelah selesai menggambar kamu wajib menuliskan nama pohon berkayu tersebut di bagian belakang kertas gambar.

Setidaknya ada 59 aspek yang bisa dibaca dan dimaknasi dari hasil Test Baum ini. Aspek yang dilihat bagian pohon, seperti akar, batang, cabang, daun, buah, dan lainnya.

House Tree Person

Soal psikotes gambar lainnya yang umum dilakukan di Indonesia adalah House Tree Person Test atau biasa disingkat HTP. Seperti namanya, kamu akan diminta menggambar 3 objek berupa rumah, pohon, dan manusia masing-masing 1 buah dalam satu media.

Ada beberapa aspek yang harus kamu perhatikan sebelum mengerjakan soal ini, diantaranya adalah:

  • Ketebalan garis dinding mencerminkan ego
  • Bentuk atap mencerminkan fantasi
  • Pintu dan jendela mencerminkan interaksi dengan lingkungan
  • Tanah menggambarkan penerimaan terhadap kenyataan

Draw A Person

Kumpulan Contoh Soal Psikotes dan Kunci Jawabannya

Draw A Person Test adalah sebuah soal psikotes gambar yang meminta kamu untuk menggambar manusia dengan detail. Pada test ini kamu diberi waktu 10 menit dan kamu bebas menggambar seorang pria atau wanita.

Ada beberapa aspek yang harus kamu perhatikan sebelum mengerjakan soal ini, diantaranya adalah:

  • Proporsi anggota tubuh yang ideal
  • Kelengkapan anggota tubuh, seperti kepala, tangan, kaki, dan lainnya
  • Detail gambar

Contoh Soal Psikotes Kraepelin atau Tes Pauli

Psikotes Kraepelin adalah tes psikologi yang di dalamnya terdapat banyak angka yang harus dijumlahkan. Tergantung perintah, penjumlahan bisa dilakukan dari atas ke bawah atau sebaliknya. Jawaban dari penjumlahan tersebut ditulis diantara angka yang dijumlahkan.

Tes Pauli atau psikotes kraepelin bertujuan untuk melihat ketahanan kerja seseorang terhadap sesuatu. Cara mengerjakan tes ini cukup mudah, yaitu kamu diminta untuk menambahkan 2 digit angka dan menuliskan hasil di sampingnya. Kamu perlu menjaga tempo pengerjaan dan menjumlahkannya dengan teliti untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Kumpulan Contoh Soal Psikotes dan Kunci Jawabannya

Contoh Soal Psikotes Army Alpha Intelegence

Psikotes Armi Alpha Intelegence biasanya terdiri dari 12 pertanyaan yang diberikan oleh pembaca soal (atau narator). Uniknya, antara soal pertama dengan soal yang berikutnya kadang bisa berhubungan. Psikotes ini bertujuan untuk mengukur kecepatan daya tangkap kamu dalam menerima serta melaksanakan perintah.

Yang perlu benar-benar diperhatikan jika kamu ingin sukses dalam psikotes Army Alpha Intelegence adalah selalu fokus pada pendengaran, dengarkan apa yang diucapkan oleh narator. Ketika narator selesai membacakan soal, jangan terburu-buru untuk mengisi jawaban. Serap perkataannya lalu cerna perintahnya, lalu kerjakan.

Kumpulan Contoh Soal Psikotes dan Kunci Jawabannya

Tips Mengerjakan Soal Psikotes

Berikut beberapa tips mengerjakan soal psikotes yang bisa kamu jadikan acuan:

  • Pelajari dan pahami tipe soal psikotes
  • Sering latihan untuk membuat estimasi waktu pengerjaan
  • Banyak membaca untuk menambah perbendaharaan kata
  • Hindari jawaban kosong karena tidak ada pengurangan nilai

Baca juga : Cara Mendapatkan Uang dari Internet

Jadi itulah tipe dan contoh soal psikotes yang bisa kamu jadikan referensi sebelum menghadapi psikotes yang sesungguhnya. Perbanyaklah latihan-latihan soal agar kamu lebih mahir dan meningkatkan ritme kerja kamu. Semakin sering kamu belajar, besar kemungkinan kamu akan mengerjakan soal dengan optimal.